Siamo Una Famiglia

Lazio Indonesia

Tiga Kelompok Suporter yang Mengubah Wajah Tribuna Tevere

Berbicara mengenai ultras atau kelompok suporter memang tidak ada habisnya, terlebih lagi mengenai Ultras Lazio yang memiliki 1001 topik yang selalu menarik untuk dibahas. Kita bisa berdiskusi mengenai Curva Nord, sejarah masing-masing fraksi, simbol, bendera hingga capo ultras. Tidak bisa dipungkiri setiap berita mengenai suporter Lazio pasti akan dikaitkan dengan kelompok suporter yang mendiami satu sisi stadion saja, Curva Nord. Terkadang kita lupa bahwa masih ada tiga sisi stadion lainnya yang juga didiami oleh suporter Lazio. Setelah sebelumnya kita mengetahui sedikit informasi mengenai beberapa fraksi ultras di Curva Nord, maka kali ini penulis mencoba berbagi sedikit informasi mengenai kelompok suporter Lazio di Tribuna Tevere.

Tribuna Tevere atau Tribun Tiber (nama sungai di kota Roma) memiliki kapasitas sebesar 16.350an tempat duduk. Tribuna Tevere ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Tribuna Tevere dan Tevere Parterre (bagian paling bawah). Merupakan tempat yang menawarkan area pandang yang luas untuk melihat pertandingan Lazio, dengan harga tiket sebesar 75 euro. Tribuna Tevere merupakan rumah bagi tiga kelompok suporter Lazio yaitu Veterani, Sodalizio dan Tevere Parterre.

  1. Veterani

Veterani merupakan kelompok suporter pertama Lazio yang menempati sisi Tribuna Tevere. Veterani ini diprakarsai oleh seorang laziale yang terkenal pemberani yaitu Antonio “Grinta” Bravaccini. Antonio Grinta melihat selama bertahun-tahun ketika la roma menjadi tuan rumah hampir tidak ada laziali di sektor ini, jikapun ada maka laziali akan berpakaian seperti “tamu” layaknya orang biasa yang tidak mengenakan atribut Lazio sama sekali. Jadi dapat dikatakan bahwa Tribuna Tevere ini benar-benar dikuasai oleh suporter la roma. Melihat hal ini Antonio mulai gerah karena kelambanan laziali yang sering menonton di sektor ini, untuk itu dirinya berencana untuk melakukan suatu show off. Show off pada 23 April 1995 hari dimana Derby Della Capitale berlangsung dan Lazio menjadi tim tamu di Olimpico.

awal kehadiran dan lahirnya Veterani di Tribuna Tevere, sumber : sodaliziolazio.com

Untuk menjalankan aksinya, dirinya menghubungi Fabio seorang suporter Lazio dari Monteverde serta saudaranya Paolo. Antonio menjelaskan idenya yaitu kita harus datang dan menonton dari Tribuna Tevere serta membawa banner di tengah-tengah kerumunan suporter la roma. Sebelum pertandingan dimulai, Antonio berhasil mengumpulkan 30an orang yang dulunya adalah penghuni Curva Nord, ketika mereka saling memandang terlihat bahwa mereka ini akan memasuki wilayah kekuasaan musuh bahkan lebih buruk memasuki kota musuh. Memasuki Tribuna Tevere mereka mulai sadar bahwa mereka masuk ke sektor yang salah atau dalam bahasa Italia “vi siete sbagliati settore”. 30 orang bertambah menjadi dua kali lipat, suporter la roma sadar akan kehadiran dan mulai bergerak terhadap mereka. Hampir setiap tembok sudah dipasangi oleh banner suporter la roma, akhirnya mereka menempati Tribuna Tevere bagian Utara dan mulai membuka sebuah banner berwarna biru yang bertuliskan VETERANI.

Veterani trasferta a Europa, sumber: Sodalizio FB

Seketika itu pula Curva Nord bergemuruh, memberi sorakan, tepuk tangan serta cori atas keberanian mereka. Bagi Antonio Grinta, Veterani merupakan tempat bagi para suporter yang sudah mengalami masa-masa sulit di Serie B dan play off Serie C, merupakan tempat bagi suporter yang bepergian dari Catania ke Milan tanpa pengawalan. Veterani juga menjadi perwujudan dari impian Presiden Lazio Club pertama yaitu Tonino Di Vizio, yang berkenginan agar suatu saat terdapat kelompok suporter Lazio yang menempati sisi Tribuna Tevere. 23 April 1995 menjadi sejarah dalam milestone suporter Lazio, merupakan hari dimana mereka berhasil menduduki Tribuna Tevere yang sudah lama berwarna merah kuning.

  1. Associazione Sodalizio Biancoceleste

Pada tahun 23 Januari 2005 atau 10 tahun setelah Veterani didirikan, berdiri pula kelompok suporter baru Lazio di Tribuna Tevere. Kelompok suporter ini bernama Associazione Sodalizio Biancoceleste didirikan oleh seorang pria yang juga pendiri Irriducibili serta Veterani yaitu Antonio Grinta Bravaccini. Sodalizio berarti kesatuan dimana dirinya berharap bahwa semua suporter Lazio akan lebih dekat antara satu dengan yang lain serta menjadi sebuah kesatuan. Antonio berharap bahwa kita (Sodalizio) seharusnya menjauhkan politik dari teras stadion, dan dirinya dengan jelas menolak segala macam bentuk bendera atau simbol politik di dalam stadion. Suatu gagasan yang mulai walaupun sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi di Curva Nord maupun daerah-daerah lainnya di Italia yang dengan jelas menunjukkan referensi politik mereka.

Tribuna Tevere, majalah yang diterbitkan oleh Sodalizio, sumber : Sodalizio FB

Pada awal mula berdirinya Sodalizio, mereka mengajak para suporter untuk hadir kembali ke stadion ketimbang hanya duduk di rumah menonton dari televisi. Suatu permasalahan klasik suporter Italia dan Lazio khususnya tentang jumlah suporter yang sedikit dan fluktuatif di tiap pertandingan. Sodalizio sendiri merupakan campuran antara kelompok suporter biasa dan ultras. Mereka seperti ultras karena mereka akan pergi mendampingi Lazio dimanapun mereka bermain dan dengan bangga menunjukkan simbol, bendera dan banner mereka. Sementara Sodalizio dikatakan sebagai kelompok suporter biasa karena mereka menolak segala bentuk kekerasan. Walaupun terlihat seperti kelompok suporter biasa, tetapi beberapa anggotanya merupakan mantan pemimpin Curva Nord di eranya. Pada pertandingan derby biasanya ada beberapa ultras dari Curva Nord yang ikut mendampingi mereka, berjaga-jaga jika terjadi scontri.

Salah satu bendera yang sering dikibarkan bersama Il Tassinaro, ya bendera Generale Vaccaro, sumber : Sodalizio FB

Sodalizio memiliki cara yang menarik untuk menarik para suporter Lazio kembali datang ke stadion, yaitu dengan membuat banner yang bertuliskan nama-nama daerah asal para anggota Sodalizio. Banner ini terbentang dari Utara hingga Selatan bertuliskan nama distrik maupun kota kecil di sekitar Roma, seperti Prati, Preta, Quadraro, Palombara, Balduina dan masih banyak lagi. Banner ini memiliki ciri yang khas yaitu logo Sodalizio di sisi kiri dan logo dari masing-masing daerah di sisi kanan, dengan latar belakang warna biru dan putih vertikal.

Sodalizio cabang Sheffield, keren!, sumber : Sodalizio FB

  1. Tevere Parterre

Tevere Parterre merupakan kelompok suporter Lazio yang menduduki posisi paling bawah dalam Tribuna Tevere yaitu Tevere Parterre. Beranggotakan orang-orang muda dan pria dewasa yang memiliki rasa cinta yang sama besarnya dengan mereka yang berdiri di Curva Nord. Sama seperti Veterani dan Sodalizio, mereka juga aktif melakukan trasferta ke berbagai tempat lengkap dengan atribut kebanggannya. Tevere Parterre  tidak seagresif seperti fraksi ultras di Curva Nord yang siap untuk menyerang dan bertarung dengan kelompok suporter rival. Mereka memiliki hubungan yang erat, terkadang mereka juga hadir di Curva Nord dengan mengibarkan bendera mereka. Jika kamu kesulitan untuk mengidentifikasi mereka jangan khawatir, mereka adalah orang-orang yang selalu mengibarkan bendera di Tribuna Tevere. Dalam beberapa kesempatan Tevere Parterre juga mengajak laziali lainnya untuk meramaikan Tribuna Tevere dengan bendera maupun atribut yang mereka miliki.

Tevere Parterre on tour, sumber : Tevere Parterre FB

Curva Nord atau Tribuna Tevere? , sumber : Tevere Parterre FB

Tribuna Tevere merupakan tempat alternatif bagi para old guard. Menurut salah satu informan berinisial “Mr. G” sebagian besar anggota dari Eagles Supporter sering hadir di Tribuna Tevere, bahkan salah satu capo legendaris Tonno juga sering hadir disana. Jadi bukan suatu hal yang mengejutkan jika terjadi tindakan yang memacu adrenalin pada tahun 2008 hingga 2009 seperti di bawah ini.

atau duel suara yang terjadi saat Lazio melawan Sampdoria pada tahun 2013 seperti di bawah ini.

Tidak dapat dipungkiri kehadiran ketiga kelompok suporter di atas di Tribuna Tevere memberikan efek yang besar terhadap citra dari tribun tersebut. Tribuna Tevere yang lebih dikenal sebagai tribun yang tenang, santai kini berubah menjadi tribun yang lebih ekspresif, lebih berwarna dan lebih bergairah. Grande Tribuna Tevere !

Sumber :

Veterani : Sodalizio, Ultraslazio, Sodalizio2

Sodalizio : Avantilazionl, Avantilazionl2

Tevere Parterre : Mr. G, Tevere Parterre

About the author

Io tifo Lazio, Il tuo pure

Berikan komentar