Siamo Una Famiglia

Lazio Indonesia
lazio hit firm laziale

Alasan Dibalik Bubarnya Lazio Hit Firm

15 Juli 2017, Irriducibili mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan bahwa Lazio Hit Firm dinyatakan bubar. Berita yang cukup basi sebenarnya karena sudah lewat lebih dari dua minggu yang lalu. Namun, mari kita telusuri apa penyebab dibalik bubarnya Lazio Hit Firm.

Lazio Hit Firm, merupakan fraksi ultras kecil Lazio yang diisi oleh orang-orang muda, memiliki reputasi yang kejam dan disegani oleh ultras-ultras yang lain. Lazio Hit Firm (LHF) mengingatkan kita kepada Banda Noantri karena sebagian dari anggota LHF merupakan ex-anggota Banda Noantri. Bagi sebagian laziale, Lazio Hit Firm merupakan fraksi yang masih memegang teguh prinsip ultras secara murni. LHF tidak terpengaruh dengan kekuasaan dan uang, mereka independen, siap dengan scontri dan tidak takut dengan hukuman. Selalu mengawal Lazio dalam setiap pertandingan dengan banner khas mereka dan tiba-tiba LHF dinyatakan bubar oleh Irriducibili.

Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah tanda tanya besar? Sekelompok fraksi ultras bubar dan diumumkan oleh fraksi ultras yang lain? Terbesit pemikiran apakah terjadi perseteruan antara Lazio Hit Firm dan Irriducibili?

Salah satu laziale di kota Roma mengatakan bahwa pengumuman tersebut memang mengejutkan, namun meragukan soal perseteruan antara Irriducibili dan Lazio Hit Firm. Adalah benar Irriducibili yang menyebarkan press release bubarnya Lazio Hit Firm, namun dirinya juga melihat bahwa anggota dari LHF juga menyebarkan berita tersebut.  Jadi tidak ada perseturuan atau pemaksaan dari pihak luar. Menurutnya lagi pembubaran LHF sudah didiskusikan dan kemungkinan mereka akan bergabung ke dalam sektor muda IRR.

Ada pendapat-pendapat lain yang mengatakan bahwa alasan dibalik bubarnya Lazio Hit Firm adalah karena masalah yang sama yang dihadapi oleh Banda Noantri. Banyak dari anggota Lazio Hit Firm yang terkena DASPO. DASPO merupakan larangan untuk memasuki stadion untuk individu-individu yang dianggap telah melanggar peraturan akibat tindakan kekerasan yang mereka lakukan. Tentunya DASPO bukanlah hal yang baru bagi mereka, dan alasan lainnya adalah adanya tekanan-tekanan kepada Lazio Hit Firm dari pihak luar.

Sementara itu, bubarnya LHF dijadikan cibiran oleh ultras Roma.  Ultras Roma menuliskan sebuah mural di tembok yang berarti bahwa “penyerangan pada tahun 2017 akan lebih sedikit karena sebuah grup telah bubar”. Hal ini menunjukkan bahwa LHF merupakan salah satu fraksi yang disegani dan ditakuti oleh ultras Roma. Mengingat scontri yang sengit pada beberapa tahun terkahir dan diwarnai dengan perang kata-kata dalam derby.

Bubarnya Lazio Hit Firm memang cukup disayangkan, mengingat mereka membawa warna tersendiri di Curva Nord serta memiliki reputasi yang disegani oleh ultras-ultras lain. Sisi baiknya adalah dengan bergabungnya ex-anggota LHF menjadi sektor muda IRR tentunya akan membuat Curva Nord lebih kuat dan kompak. Pada pertandingan persahabatan Lazio vs Triestina di Auronzo sudah terlihat bahwa salah satu ex-pemimpin LHF sudah bergabung dengan menggunakan baju IRR bersama capo ultras IRR lainnya.

Well, Lazio Hit Firm akan dirindukan oleh para laziale karena keunikan dan reputasinya. Jadi, mari kita tunggu kolaborasi ex-anggota LHF dengan IRR dalam menyambut tur Eropa bersama Lazio musim ini. Un ultras non muore mai!

Sumber :

http://www.avantilazio.nl/

http://www.sportpeople.net/

Mr. X

About the author

Berikan komentar