Siamo Una Famiglia

Lazio Indonesia

Anime, Kartun dan Pengaruhnya Terhadap Simbol Ultras Lazio

Bagi sebagian besar pria, topik olahraga khususnya sepak bola merupakan hal yang menarik dan wajib untuk dibahas. Sementara itu sebagian pria lain memiliki topik-topik diluar sepak bola seperti anime atau kartun yang bagi mereka sama menariknya dengan membahas sepak bola. Hubungan antara anime maupun kartun dengan sepak bola bukanlah suatu hal yang aneh, karena keduanya memiliki hubungan yang sangat erat. Anda sekalian pasti pernah melihat anime legendaris Captain Tsubasa, Kickers, Giant Killing maupun Shoot. Anime-anime tersebut memberikan suntikan awal kepada para pria-pria muda untuk lebih mengenal sepak bola lebih dalam. So, let’s start this topic !

Anime maupun kartun memiliki definisi yang sama yaitu merupakan gambar bergerak yang telah diolah menggunakan teknologi komputer. Tanpa kita sadari anime maupun kartun ini telah memberikan dampak kepada para pria. Bukan sembarang pria, melainkan pria-pria pemberani yang selalu hadir di hari Minggu untuk berdiri, bernyanyi mendukung tim kesayangan mereka bertanding. Ultras tidak akan ragu untuk menggunakan tokoh dari anime ataupun kartun sebagai simbol kelompok mereka. Tentunya tidak sembarang tokoh, melainkan tokoh yang dirasa tepat dan mewakili citra dari masing-masing kelompok ultras.

  1. Irriducibili

Siapa yang tidak mengenal mereka? Fraksi ultras legendaris Lazio ini mulai menampakkan banner dan simbol kebesarannya di musim ini. Irriducibili sukses menciptakan koreografi-koregografi indah yang disajikan pada Derby Della Capitale dan Final Coppa Italia. Masih teringat jelas koreografi pada Derby Della Capitale menunjukkan simbol legendaris mereka yaitu Mr. Enrich. Simbol seorang pria dengan pose marah dan menendang yang berarti perlawanan terhadap politik dan sistem sepak bola. Mr. Enrich pertama kali diperkenalkan pada pertandingan Lazio melawan Hellas Verona pada tahun 1987. Mr. Enrich muncul sebagai fanzine yang lambat laun semakin populer di Curva Nord. Semenjak itu ketika melakukan trasferta menggunakan kereta para suporter Lazio akan melihat simbol Mr. Enrich sebagai garda depan Ultras Lazio.

Mr. Enrich = Irriducibili. Simple but spot on !

Dalam Thesis Alberto Testa “Opposing The ‘System’ : Ideology and Action In The Italian Football Terraces”. Irriducibili memang tidak mengkonfirmasi perihal darimana simbol Mr. Enrich berasal, namun Alberto Testa percaya bahwa Mr. Enrich diadopsi dari tokoh kartun koran Inggris. Tokoh kartun tersebut bernama Andy Capp yang diciptakan oleh Reginald Symthe pada tahun 1950an. Andy Capp diinterpretasikan sebagai orang yang salah secara politik, laki-laki agresif, simbol dari para pekerja Inggris Utara. Perbedaan dari keduanya adalah pakaian yang dikenakan berbeda. Mr. Enrich menggunakan kaus polo dan topi pork pie yang terkenal pada subkultur Ska dan Skinhead di tahun 1960an. Sementara itu Andy Capp menggunakan flat cap dan berpakaian lebih formal dengan jas dan syal.

Andy Capp, tokoh kartun di koran Inggris. Mirip dengan Mr. Enrich?

  1. Diablo

Salah satu fraksi ultras Lazio yang menduduki tempat strategis di Curva Nord. Tidak banyak informasi yang dapat digali mengenai fraksi ultras ini tetapi simbol dan namanya mengarah kepada satu nama yaitu Diabolik. Diabolik, nama alias dari Fabrizio Piscitelli merupakan capo ultras Lazio secara keseluruhan. Diabolik sendiri merupakan capo dari Irriducibili dan dipercaya juga sebagai capo dari Diablo (fraksi ultras yang lebih kecil). Diablo sendiri adalah fraksi ultras dibalik koreo indah pada Derby Della Capitale pada musim 2015.

Stunning choreography, one of the best from the lads.

Diabolik adalah tokoh kartun di Italia yang diciptakan oleh Angela dan Luciana Giussani pada tahun 1962. Diabolik digambarkan sebagai seorang tokoh pencuri kejam yang menggunakan teknologi canggih, ditemani Eva Kant yang cantik. Diabolik merampok uang, perhiasan dari keluarga kaya, bank maupun dari siapa saja yang memporleh uang tersebut dengan cara ilegal.

Tatapan mata yang fokus, tajam dan kejam. Diabolik!

Diabolik ketika menjalankan aksinya sering menggunakan jaket dengan masker penutup. Dimana jaket ini sering digunakan oleh para ultras ketika terjadi scontri, tentunya dengan maksud menyamarkan identitas mereka dari pihak lawan maupun kepolisian.

Merasa asing? atau merasa familiar dari jaket ini? Kostumnya Diabolik !

  1. Pluto

Salah satu fraksi ultras dengan simbol banner yang mudah dikenali. Menurut salah satu informan, pemimpin dari fraksi ini merupakan orang yang memiliki ‘reputasi’ di kota Roma dan salah satu pemimpin di Curva Nord. Selain itu tidak banyak informasi yang dapat digali.

Pluto yang satu ini dalam berserk mode !

Pluto sendiri merupakan tokoh kartun anjing yang diproduksi oleh Walt Disney. Diciptakan pada tahun 1930, Pluto menjadi salah satu tokoh yang masuk dalam Sensational Six pada Disney Universe.

Pluto, saudaranya si Goofy, keduanya sama-sama anjing.

Sementara itu penggunaan tokoh anime memang tidak secara langsung berkaitan dengan ultras Lazio, melainkan melalui lingkungan sekitar seperti pandangan politik dan rival. Alberto Testa memberikan contoh penggunaan tokoh anime dalam bar tempat ultras Lazio dan ultras Roma berkumpul dalam satu pandangan politik. Cutty Sark, bar favorit ultras ini menggunakan tokoh anime Captain Harlock sebagai simbolnya. Captain Harlock sendiri diciptakan oleh Leiji Matsumoto (mantan anggota partai Komunis Jepang) pada tahun 1978. Captain Harlock dianggap mewakili tipe ideal dari pemberontak Neo-Fascist.

Captain Harlock, seorang bajak laut di masa depan. Sudah pernah liat manga/animenya belum?

Jika Irriducibili menggunakan Mr. Enrich sebagai simbol, maka dari rivalnya yaitu Boys Roma menggunakan simbol Lupin III. Lupin III merupakan tokoh manga yang diciptakan oleh Kazuhiko Kato pada tahun 1967. Sama seperti yang lain Lupin III dianggap sebagai pahlawan anti-system, dimana seorang “gentleman thief” yang mencuri dari orang kaya, namun tidak hanya untuk dirinya sendiri namun untuk orang lain yang berkebutuhan.

Keponakannya perampok Perancis yang terkenal, Arsene Lupin.

Ketiga fraksi ultras Lazio tersebut adalah contoh bahwa anime maupun kartun tidak terbatas hanya untuk anak-anak muda maupun remaja saja. Melainkan sesuai dengan tujuan anime maupun kartun itu sendiri yaitu universal. Bahkan dalam dunia ultras sekalipun banyak ultras-ultras dari klub lain yang melakukan hal yang sama. Jika kamu mengetahui ada fraksi ultras Lazio lain yang mengadopsi simbol anime atau kartun, jangan sungkan untuk berkomentar di artikel ini ya.

Selamat menikmati liburan dengan keluarga, Forza Lazio !

Sumber :

Alberto Testa, “Opposing The ‘System’ : Ideology and Action In The Italian Football Terraces”

Ultraslazio.it

Laziozone.it

Mr. X

About the author

Io tifo Lazio, Il tuo pure

Berikan komentar